Juknis Penulisan Ijazah Madrasah MI, MTS, MA dan SHUAMBN Tahun 2018


Juknis Penulisan Ijazah Madrasah MI, MTS, MA dan SHUAMBN Tahun 2018 - Juknis Cara Penulisan Ijazah Madrasah tahun 2018 ini berlaku untuk semua jenjang dari MI, MTs, dan MA. Dalam juknis penulisan ijazah tahun 2018 ini, sudah dijelaskan secara lengkap tentang petunjuk pengisian halaman muka dan belakang pada blangko beserta lengkap dengan contoh pengisiannya.

Dalam rangka penulisan blangko Ijazah dan SHUAMBN Tahun Pelajaran 2017/2018, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2161 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Penulisan Blanko Ijazah dan SHUAMBN Tahun Pelajaran 2017/2018.

junis penulisan ijasah madrasah 2018
junis penulisan ijasah madrasah 2018

Ijazah dan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (SHUAMBN) merupakan salah satu dokumen negara yang diperoleh peserta didik setelah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan madrasah. Karena itu, kebenaran data dan informasi yang tercantum di dalamnya mutlak diperlukan.

Ijazah Madrasah Ibtidaiyah (MI) diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pendidikan pada MI dan dinyatakan lulus dari satuan pendidikan.

Ijazah Madrasah Tsanawiyah (MTs) diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pendidikan pada MTs dan dinyatakan lulus dari satuan pendidikan.

Ijazah Madrasah Aliyah (MA) diberikan kepada peserta didik yang telah menyelesaikan seluruh program pendidikan pada MA dan dinyatakan lulus dari satuan pendidikan. SHUAMBN diberikan kepada peserta didik yang telah mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab untuk tingkat MTs dan MA.

Petunjuk Khusus Penulisan SHUAMBN

a. Bagian (1) diisi Nomor Surat Keluar Madrasah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
b. Bagian (2) diisi dengan nama madrasah bersangkutan yang menerbitkan SHUAMBN sesuai dengan nomenklatur
c. Bagian (3) diisi dengan nama siswa pemilik SHUAMBN menggunakan HURUF KAPITAL. Nama harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan jenjang di bawahnya.
d. Bagian (4) diisi dengan tempat dan tanggal lahir siswa pemilik SHUAMBN. Tempat dan tanggal lahir harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan jenjang di bawahnya.
e. Bagian (5) diisi dengan nama orang tua/wali siswa pemilik SHUAMBN. Nama orang tua/wali siswa harus sama dengan yang tercantum pada Akte Kelahiran/Dokumen Kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan atau Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan jenjang di bawahnya.

Informasi selengkap silahkan DOWNLOAD DISINI

Baca juga: Juknis Penulisan Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK, SPK, Paket A B C tahun 2018

Sekian informasi tentang Juknis Penulisan Ijazah Madrasah MI, MTS, MA dan SHUAMBN Tahun 2018, jangan lupa LIKE/SHARE jika informasi bermanfaat bagi para pembaca semua.

0 komentar:

Posting Komentar